Instrumen Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah

Jabatan fungsional pengawas sekolah adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang  mencakup menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, evaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru.

Pengawas merupakan salah satu pilar penjamin mutu pendidikan di samping guru dan kepala sekolah. Lebihnya dari du pilar penjaminan adalah pengawas mendapatkan tugas khusus untuk mengawal dan mamastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan sekolah memenuhi prosedur dan target hasil yang sesuai dengan standar.

Dalam melaksanakan perannya itu, seperti halnya guru dan kepala sekolah, pengawas harus teruji pengetahuannya. Pengetahuan yang harus dikuasinya meliputi pengetahauan tentang kompetensi guru, kepala sekolah, dan pelaksanaan tugas sebagai pengawas. Yang kalah penting pada sosok penampilan pengawas adalah mampu menerapkan pengetahuan yang dikuasainya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pembina guru dan kepala sekolah. Ketangguhannya ditunjukkan dengan kemampuannya memenuhi standar.

Seperti halnya penilaian kinerja guru, dan kepala sekolah, penilaian kinerja pengawas tidak mencakup kompetensi kepribadian dan sosial. Hal itu berarti bahwa penilaian meliputi dimensi kompetensi supervisi manajeriel, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, serta penelitian dan pengembangan.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Permenpan 21 tahun 2010, penilaian kinerja pengawas disesuaikan dengan kepangkatanya.

Pengawas Sekolah Muda kemampuannya dalam  dalam  8  jenis tugas berikut:

  1. menyusun program pengawasan;
  2. melaksanakan pembinaan Guru;
  3. memantau pelaksanaan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian;
  4. melaksanakan penilaian kinerja Guru;
  5.  melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program
  6. pengawasan pada sekolah binaan; menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru di KKG/MGMP/MGP dan sejenisnya;
  7. melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional Guru; dan
  8. mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional Guru.

Pengawas Madya dinilai kinerjanya dalam pemenuhan  standar pada 10 kegiatan di bawah ini.

  1. menyusun program pengawasan;
  2. melaksanakan pembinaan Guru danlatau kepala sekolah;
  3. memantau pelaksanaan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan;
  4. melaksanakan penilaian kinerja Guru dan/atau kepala sekolah;
  5. melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan;
  6. menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru danlatau kepala sekolah di KKG/MGMP/MGP dan/atau KKKS/MKKS dan sejenisnya;
  7. melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan/atau kepala sekolah;
  8. melaksanakan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi dan manajemen;
  9. mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional guru danlatau kepala sekolah; dan
  10. membimbing pengawas sekolah muda dalam melaksanakan tugas pokok.

Pengawas Utama dinilai dalam pemenuhan standar dalam 12 pekerjaan seperti di bawah ini.

  1. menyusun program pengawasan;
  2. melaksanakan pembinaan Guru dan kepala sekolah;
  3. memantau pelaksanaan standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan;
  4. melaksanakan penilaian kinerja Guru dan kepala sekolah;
  5. melaksanakan evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan pada sekolah binaan;
  6. mengevaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan tingkat kabupatenlkota atau provinsi;
  7. menyusun program pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah di KKG/MGM/IMGP dan/atau KKKS/MKKS dan sejenisnya;
  8. melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional Guru dan kepala sekolah;
  9. melaksanakan pembimbingan dan pelatihan kepala sekolah dalam menyusun program sekolah, rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah, dan sistem informasi dan manajemen;
  10. mengevaluasi hasil pembimbingan dan pelatihan profesional  guru dan kepala sekolah;
  11. mernbimbing pengawas sekolah muda dan pengawas sekolah madya dalam melaksanakan tugas pokok; dan
  12. melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan penelitian tindakan.
About these ads

Tentang pokjawasjaktim

I am a man
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Beranda. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s